2 comments on “LOGIKA PEMBANGUNAN ETNIS –MUTUALIS DI MURUNG RAYA

  1. Keren tulisannya…

    Aku setuju dengan pendapat dalam tulisan saudara ‘perbedaan etnis tersebut menjelma menjadi ranjau kebijakan diskriminatif’…Bahkan tidak hanya sebatas itu, nepotisme juga menjadi ranjau lain yang sangat nampak dalam kebijakan penerimaan PNS, ‘bagi-bagi proyek pemerintah’.

    Negara dengan beragam etnik seperti Indonesia masalah penyatuan pandangan memang menjadi masalah besar, dan usaha-usaha untuk mencapai konsensus umum mengenai ideologi dan cita-cita bersama selalu mengalami hambatan.

    Nampak bagi saya pribadi setiap kelompok etnis saling berlomba untuk menjadi yang ‘terbaik’. Primordialisme semakin nyata terasa di kehidupan sehari-hari. Apakah karena setiap kelompok etnis merasa tidak aman dengan identitasnya sendiri sehingga harus berusaha menonjolkan identitas keetnisannya? Apakah setiap kelompok etnis takut bahwa ciri khas dan kebudayaannya akan hilang oleh etnis lain yang ada di sekitarnya?

    Ironis memang bila ada suatu kelompok etnis sampai merasa bahwa kelompoknya terancam oleh kelompok etnis lainnya. Seharusnya sebagai bagian dari Indonesia yang multi etnis, setiap kelompok etnis sadar bahwa kemajuan kebudayaannya berasal dari kemampuannya menyerap dan menyesuaikan kebudayaannya sendiri dengan kebudayaan lainnya sehingga produk dari interaksi budaya ini dapat diterima oleh anggota masyarakatnya sendiri dan berguna bagi perkembangan kelompok itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s